Apple dikabarkan sudah membuat M3, dan akan ada di Mac tahun depan

Apple sudah membuat chip M3, meskipun M2 masih sangat baru di blok silikon, menurut rumor baru.

Mengingat bahwa ini adalah waktu yang agak mengejutkan untuk mendengar tentang M3, tetaplah skeptis tentang yang satu ini, meskipun dikatakan, itu berasal dari salah satu pembocor Apple yang lebih andal di luar sana; Mark Guman.

Dalam buletin terbaru Gurman (diterbitkan di Bloomberg (terbuka di tab baru)) dia menyebutkan bahwa Apple sedang mengerjakan M3, yang secara teoritis harus selesai dan di dalam Mac paling cepat tahun depan. Tampaknya, M3 ditakdirkan untuk menjadi mesin MacBook Air 13-inci yang diperbarui, serta MacBook Air 15-inci, bersama dengan iMac all-in-one baru (ia tidak menentukan model ukuran apa), yang semuanya konon dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2023.

Ada juga yang menyebutkan MacBook 12-inci (juga baru-baru ini dikabarkan, seperti yang mungkin Anda ingat), tetapi itu jauh lebih tentatif karena portabelnya diduga masih sangat awal dalam waktu pengembangan. Tentu saja, semua ini adalah spekulasi, jadi kita harus berhati-hati tentang berapa banyak bobot untuk meminjamkan Mac baru yang potensial ini.

Blok Kreatif (terbuka di tab baru)menambahkan laporan ini dengan menunjuk ke gemuruh lebih lanjut dari rumor pabrik bahwa chip M3 sedang dikembangkan yang akan menggunakan proses 3nm TSMC (N3), menggeser gigi dari 5nm (seperti yang digunakan oleh M2 baru, dan M1 asli dalam hal ini ).

Kita tahu bahwa TSMC diatur untuk meningkatkan volume produksi chip 3nm pada kuartal terakhir tahun 2022, jadi ini terkait dengan jangka waktu 2023 agar M3 siap dan dikirim di dalam Mac baru.

Teori dari beberapa waktu lalu adalah bahwa Apple sedang mengerjakan trio chip M3, yang akan menjadi SoC dasar, ditambah versi Pro dan Max (atau yang setara), dengan prosesor yang berpotensi memiliki hingga 40 core (tentu saja bukan vanilla M3, tetapi keripik pedas), untuk informasi lainnya trestleontenth.com.

Analisis: Seberapa besar kemungkinan SoC M3 akan tiba secepat ini?

Kedengarannya seperti M3 baru bisa sangat kuat, dan dibangun di atas 3nm, itu akan menawarkan beberapa keuntungan besar dalam hal peningkatan substansial tidak hanya kinerja, tetapi juga efisiensi daya. Hal-hal menarik, tidak diragukan lagi, ketika memainkan permainan menebak seberapa besar keuletan yang bisa dibanggakan oleh penerus M2.

Jadi, apa yang bisa kita harapkan dari Apple sebagai langkah selanjutnya untuk silikonnya sendiri? Setelah M2, mungkin akan ada M2 Pro dan M2 Max (dengan asumsi pola peluncuran M1 dipatuhi), dan jadi kita bisa menebak bahwa chip tersebut akan debut nanti pada tahun 2022. (Rumor mengatakan itu tak lama, Apple berencana untuk mengeluarkan banyak Mac – model MacBook, Mac Mini, dan Mac Pro – dengan chip M2 yang menggerakkannya).

Untuk M3 muncul pada tahun 2023, jelas kami melihat Apple pindah dari M2 hanya dalam setahun.

Mungkinkah itu terjadi? Rasanya terlalu dini untuk mendengar tentang M3, dan harapan SoC siap untuk debut di beberapa Mac tahun depan. Bahkan jika ini adalah rencana Apple – dan kami akan berhati-hati dalam menempatkan terlalu banyak stok dalam gagasan itu pada saat ini – perusahaan masih dapat mencapai gremlins dan penundaan, baik dengan produksi chip atau memang mendapatkan perangkat yang sebenarnya untuk membuahkan hasil.

Kami sebaiknya mengingat semua cegukan yang baru- baru ini mengganggu Apple dalam hal penguncian di China dan produksi MacBook. Dan jangan lupa bahwa MacBook Air (M2, 2022) yang baru-baru ini diluncurkan seharusnya keluar akhir tahun lalu – atau setidaknya, selentingan pasti percaya bahwa niat Apple untuk melepaskan desain ulang itu jauh lebih awal daripada yang sebenarnya.

Meskipun ada sedikit keraguan, kami tentu tidak akan mengesampingkan M3 untuk tahun depan. Dan jika rencana Apple adalah untuk mendebutkan generasi baru silikonnya sendiri setiap tahun, kecepatan pengembangan dan prosesor yang terus-menerus lebih cepat yang saling mendahului tentu tidak akan membahayakan penjualan Mac yang dikalahkan oleh SoC ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *