Bahan Bangunan – Berbagai Jenis dan Kegunaan

Bahan bangunan adalah produk yang digunakan untuk konstruksi rumah dan bangunan lainnya. Ada banyak jenis bahan yang digunakan untuk membangun rumah. Di beberapa negara, bahan digunakan sesuai dengan kondisi iklim tempat tersebut.

Pada dasarnya bahan bangunan diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu bahan sintetis dan bahan alami. Bahan sintetis adalah bahan yang dibuat oleh manusia sedangkan bahan alami adalah bahan yang berasal dari alam.

Bahan Bangunan Yang Biasa Digunakan

Beberapa bahan yang paling banyak digunakan untuk membangun rumah dan bangunan komersial meliputi:

Tanah Liat: Salah satu bahan bangunan yang paling banyak digunakan termasuk tanah liat dan juga lumpur. Kedua bahan ini digunakan untuk membangun rumah. Ini dianggap sebagai bahan konstruksi yang paling cocok di tempat-tempat hangat karena membuat interior tetap dingin. Keunggulannya juga tahan lama meski tidak sekuat bangunan beton.

Kaca: Bahan penting lainnya yang digunakan untuk membangun kantor dan rumah besar. Bangunan kaca yang tenang umum hari ini dengan berbagai kaca yang tersedia di pasar saat ini. Variasi yang beragam termasuk kaca buram, kaca berwarna, dan kaca patri.

Batuan: Batuan dianggap sebagai bahan bangunan tertua yang digunakan untuk membangun rumah. Ini adalah bahan terkuat dan paling tahan lama yang digunakan untuk konstruksi. Meskipun banyak digunakan di zaman kuno, sekarang jarang digunakan karena banyak faktor.

Logam: Logam dianggap sebagai salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan saat ini. Sebagian besar struktur dibangun dari logam seperti besi dan baja untuk memastikan kekuatan dan daya tahan. Struktur logam kuat, mahal dan bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Beton: Struktur beton juga tahan lama dan kuat. Terbuat dari kerikil, pasir, air dan semen, beton digunakan untuk membangun rumah dan kantor.

Kayu: Kayu juga digunakan untuk membangun rumah dan kantor sejak lama. Ada banyak jenis kayu yang digunakan sebagai bahan bangunan. Namun, penting untuk menggunakan kayu berkualitas baik untuk memastikan daya tahan yang lebih baik. Kayu berkualitas rendah rentan terhadap berbagai jenis ekstremitas seperti rayap, retak dan serpihan.

Marmer dan Granit: Bahan lainnya termasuk marmer, granit, ubin keramik dan buih. Countertops granit paling disukai oleh orang-orang karena keindahan dan keserbagunaannya. Kelereng digunakan untuk membangun rumah karena terkenal dengan keunikannya. Granit juga digunakan untuk membangun dinding dan meja karena tahan lebih lama dan merupakan batu terkuat di bumi selain berlian.

Bahan Esensial Lainnya

Selain bahan-bahan tersebut di atas, plastik juga banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Pipa plastik, tabung dan sebagainya sangat penting untuk setiap rumah atau kantor. Selain di atas, penggunaan bahan kuningan juga umum.

Sebagian besar bahan ini dapat dibeli secara online dari berbagai produsen dan pemasok dengan harga yang wajar. Kebutuhan yang terus meningkat untuk membangun rumah baru, kantor dan renovasi bangunan lama telah menyebabkan pertumbuhan substansial dari industri yang memproduksi bahan bangunan.

Untuk lebih lengkapnya Anda dapat mengetahuinya di Rumarumi.com tentang informasi harga dan bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat suatu rumah dan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *