Chromebook ini memungkinkan Anda melakukan peningkatan memori dan penyimpanan sendiri

Google berkolaborasi dengan Framework perusahaan pihak ketiga untuk membuat Chromebook yang dapat disesuaikan dan ditingkatkan laptop.

Sebagai sebuah perusahaan, Framework berspesialisasi dalam mengembangkan laptop Do-It-Yourself (DIY) yang dapat ditingkatkan sendiri oleh orang-orang hanya dengan obeng, suku cadang yang disediakan perusahaan, dan sedikit kesabaran. Sekarang dengan Framework Laptop Chromebook Edition, laptop yang dapat disesuaikan telah memasuki batas baru karena kemampuan perbaikan dalam industri teknologi mengambil sikap yang lebih tegas.

Pengalaman yang disesuaikan

Dimulai dengan aspek yang lebih statis, laptop ini hadir dengan layar beresolusi tinggi 13,5 inci (2256×1504 piksel) dan keyboard 1,5 mm yang semuanya ditempatkan dalam sasis yang sebagian terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang. Di bawah tenda, ini ditenagai oleh CPU Intel Core i5-1240p Generasi ke-12 yang terbuat dari 12 inti individu dan baterai 55Wh yang dapat bertahan hingga 10 jam dengan sekali pengisian daya.

Seperti yang Anda harapkan, Framework Chromebook berjalan di ChromeOS, sesuatu yang secara teknis dapat dilakukan oleh penawaran perusahaan sebelumnya. Namun seperti yang dikatakan perwakilan perusahaan kepada kami, model lama tersebut menggunakan ChromeOS Flex sedangkan perangkat baru ini memiliki pengalaman penuh ChromeOS. Ini memberi laptop kemampuan untuk mengunduh aplikasi Android dari Google Play Store, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh model Flex. Pengguna juga dapat menjalankan aplikasi Linux jika sedang mengembangkan perangkat lunak dan bermain game berkat Steam di Chrome OS Alpha.

Yang bisa disesuaikan adalah port, RAM, dan penyimpanan. Menurut perusahaan, Anda dapat memilih port yang Anda inginkan dan di sisi mana Anda menginginkannya berkat sistem Kartu Ekspansi. Input yang didukung termasuk USB-A, USB-C, MicroSD, HDMI, dan Ethernet, hanya untuk beberapa nama. Untuk RAM dan penyimpanan, Chromebook hadir dengan DDR4 8GB dan ruang penyimpanan 256GB. Mereka dapat ditingkatkan hingga maksimum 64GB DDR4 dan penyimpanan 1TB. Plus, Anda dapat menambah penyimpanan dengan terabyte lain melalui kartu ekspansi yang diletakkan di bawah laptop, untuk informasi teknologi lainnya di Teknohom.

Privasi dan ketersediaan

Untuk privasi, Framework Chromebook memiliki serangkaian sakelar di sekeliling bodi yang memutus daya ke kamera dan mikrofon saat tidak digunakan. Titan C milik Google sendiri security chip hadir untuk melindungi Anda dari upaya phishing dan peretasan. Berkat chip ini, Chromebook akan terus menerima pembaruan dari Google hingga Juni 2030. 

Perwakilan yang sama memberi tahu kami bahwa Titan C tidak dapat dilepas karena merupakan “bagian integral dari sistem kelistrikan”. Namun, Anda dapat memasukkan laptop ke “Mode Pengembang” yang memungkinkan Anda mengunduh firmware dan perangkat lunak khusus di luar Google.

Framework Laptop Chromebook Edition saat ini tersedia untuk pre-order dengan banderol harga $999, tetapi hanya di Amerika Serikat dan Kanada. Anda tidak perlu membayar label harga penuh pada awalnya karena “hanya deposit $100 yang dapat dikembalikan sepenuhnya” diperlukan pada saat pre-order. Anda akan membayar sisanya saat laptop mulai dikirimkan pada awal Desember.

Mengenai peluncuran global, tampaknya belum ada rencana untuk melakukannya, tetapi perwakilan yang sama mengisyaratkan pengumuman potensial.

Secara keseluruhan, senang melihat semakin banyak perusahaan merangkul perangkat yang dapat disesuaikan atau diperbaiki. Sikap baru ini akan sangat membantu dalam mengurangi limbah elektronik dan menghemat uang. Bisa dibilang salah satu program perbaikan yang lebih kuat berasal dari Samsung yang berkolaborasi dengan iFixit untuk bagian tersebut. Kami sangat menyarankan untuk memeriksa liputan TechRadar tentang cerita tersebut untuk melihat ke mana arah industri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *