Tips Dan Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Pakai Susu, Anti Bantet!

Tips Dan Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Pakai Susu, Anti Bantet!

Donat, siapa yang tak suka? Kue empuk yang mempunyai lubang di sedang ini merupakan makanan yang benar-benar digemari oleh semua usia terutama anak-anak. Donat bisa kita jumpai di beragam tempat dengan mudah, jadi dari kaki lima hingga cafe ternama. Teksturnya yang empuk, rasa yang manis dan mendapat bantuan dengan topping yang cantik, kudapan ini sesuai disantap di dalam suasana apapun.

Banyak kalangan yang lebih memilih mempunyai dampak donat sendiri di tempat tinggal dikarenakan dirasa lebih higienis. Meskipun nampak mudah dibuat, namun membuatnya sendiri ternyata gampang-gampang susah, seringkali banyak orang yang tidak lumayan sukses di dalam mempunyai dampak donat yang punya tekstur yang empuk dan mengembang sempurna. Kendala yang dihadapi donat jadi keras dan bantet, untuk hindari hal itu ternyata banyak tips dan langkah bagi kamu yang mendambakan mempunyai dampak donat empuk dan mengembang loh! cara membuat donat

Nah, saat ini nggak mesti khawatir lagi, tips tersebut ini dijamin membuat adonan donat kalian bisa empuk dan mengembang sempurna. Seperti yang dilansir di liputan6.com, Yuks, review tips dan caranya di bawah ini!

Tips mempunyai dampak donat empuk dan mengembang:

1. Untuk mempunyai dampak donat yang lembut dan empuk, kamu bisa Mengenakan ragi sebagai pengembang atau pelembut adonan donat.

2. Cara memproses bahan adonan donat mutlak untuk mempunyai dampak ragi dan bahan lain bercampur dengan baik dan bisa maksimal. Mencampur adonan sebaiknya dahulukan memasukkan air hangat dahulu ke di dalam mangkuk lalu taburkan ragi ke di dalam mangkuk tersebut baru kemudian masukan adonan lain ke dalamnya.

3. Aduk dan campur hingga adonan lentur dan jikalau disentuh tangan tetap kering. Cara mengaduk sambil ditekan-tekan atau seperti halnya kamu sedang membersihkan pakaian.

4. Pehatikan suhu adonan agar bisa mengembang sempurna. Suhu adonan ini terkait dari air sebagai bahan adonan yang kamu gunakan. Gunakanlah air hangat dengan suhu tidak lumayan lebih 26 – 28 ° C, jangan hingga air yang digunakan benar-benar panas. Air dan adonan yang benar-benar panas bakal mempunyai dampak sistem fermentasi ragi berjalan benar-benar cepat agar justru mempunyai dampak adonan donat punya tekstur yang tidak bagus atau tidak lembut dan mudah gosong jikalau digoreng. Donat yang udah matang juga ukurannya tidak mengembang baik, tidak tahan lama dan justru mempunyai dampak donat jadi keras.

5. Selain Mengenakan air hangat kamu juga bisa Mengenakan susu cair hangat sebagai pencair, tidak hanya bisa melembutkan juga menaikkan cita rasa donat jadi lebih lezat.

6. Proses fermentasi benar-benar mutlak untuk mempunyai dampak adonan jadi lebih lembut dan mengembang. Fermentasi sebaiknya dilaksanakan pada suhu dan tingkat kelembapan kamar. Gunakanlah kain sebagai penutup untuk memelihara kelembapan adonan dan didiamkan tidak lumayan lebih antara 1 hingga 1,5 jam. Dengan begitu selayaknya adonan bakal mengembang jadi 2 hingga 3 kali lipat dari ukuran sebelumnya.

7. Saat sistem pembuatan donat bagi adonan jadi anggota kecil-kecil untuk dijadikan wujud donat pastikan adonan donat jikalau ditekan tidak kembali ke wujud awal. Jika sementara ditekan adonan kembali ke wujud awal, maka adonan donat belum siap untuk dibikin donat dan digoreng. Diamkan dahulu untuk meraih adonan yang empuk.

8. Proses penggorengan merupakan tidak benar satu teknik langkah mempunyai dampak donat yang lumayan krusial. Suhu minyak jadi mutlak agar adonan bisa lembut dan matang dengan baik. Suhu yang ideal di dalam menggoreng donat adalah 190 ° C. Suhu yang tepat bakal mempunyai dampak donat menguning keemasan yang menunjukan donat udah siap dibalik memakan sementara tidak lumayan lebih 1 menit. Jadi mesti 2 menit untuk mematangkan donat di dua sisinya. Sebagai patokan jikalau tidak lumayan dari 1 menit udah matang maka api benar-benar besar dan jikalau lebih 1 menit api benar-benar kecil.

Tips-tips di atas bisa dijadikan solusi agar donat buatan kamu punya tekstur yang empuk dan bisa mengembang sempurna. Selain tips tersebut, di dalam mempunyai dampak donat kamu juga mesti mencermati bahan yang digunakan dan juga langkah pembuatannya agar hasil yang di mendambakan lebih memuaskan. Yuk, review bahan & caranya di bawah ini!

Cara mempunyai dampak donat empuk dan mengembang:

Bahan-bahan:

1. Tepung terigu

Biasanya terigu yang digunakan adalah terigu yang mempunyai range protein 11%-13%. Saat mempunyai dampak donat kamu bisa mengakalinya dengan menggabungkan terigu protein tinggi dan terigu protein sedang. (misal: cakra+segitiga, gunung+kompas, tali emas+beruang biru).

Kalau Mengenakan terigu protein tinggi, hasil jadinya besar dan mengembang ke atas. Namun, jikalau Mengenakan protein sedang dimakannya soft namun hasil jadi volumenya tidak tinggi dan besar. Selain itu persentase moisture di dalam terigu benar-benar dijaga tidak boleh lebih dari 14,5%, dikarenakan di atas angka tersebut bakal mudah sekali menimbulkan jamur, bakteri, kutu dan lainnya.

2. Gula

Gula yang digunakan di di dalam adonan donat tidak banyak. Maksimal 15% dari berat tepung. Gula di sini berfaedah sebagai pemberi rasa, makanan ragi, berikan warna, membuat empuk, dan juga agar punya kebolehan tahan yang lebih lama.

Nah, jikalau udah mengerti tips dan triknya saatnya kamu mencermati langkah mempunyai dampak donat empuk dan mengembang tersebut ini.

Bahan-bahan yang mesti disiapkan:

– 500 gram tepung terigu protein tinggi

– 100 gram gula pasir

– 11 gram atau 1 bungkus ragi instan

– 1/4 sdt baking powder

– setengah sdt garam

– 2 kuning telur

– 100 gram mentega

– 250 ml susu cair

Olesan:

– Mentega

– Cokelat yang udah ditim

– Meises

– Selai

– Gula halus

– Kamu juga bisa Mengenakan bahan lain yang sesuai dengan seleramu.

Langkah-langkah:

– Campur tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder dan garam, aduk dengan tangan. Tambahkan kuning telur, uleni hingga berbentuk butiran halus. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur rata. Tambahkan mentega, uleni kembali dengan gerakan memutar, sesekali banting adonan. Lakukan hingga adonan licin dan kalis, tidak lumayan lebih 15 menit.

– Kumpulkan adonan jadi satu di dalam baskom. Tutupi dengan kain bersih, diamkan sepanjang 1 jam. Tinju-tinju adonan hingga udara nampak dan adonan kempes. Bagi adonan jadi 30 bagian, membuat bulatan seperti bola. Diamkan kembali sepanjang 10 menit. Lubangi tiap-tiap adonan, untuk hasil terbaik, melaksanakan dengan tangan.

– Goreng donat di dalam minyak panas Mengenakan api kecil-sedang. Goreng satu anggota hingga menguning, lalu balik hingga semua anggota berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan dan tunggu hingga dingin.Hias dengan topping sesuai selera.

Nah mudah kan! Sekarang mempunyai dampak donat yang empuk dan mengembang nggak mesti repot kembali tinggal ikuti tips dan langkah di atas donat nggak membuat donat jadi keras dan bantet, rasanya pun nggak kalah lezat dari donat yang dijual di toko-toko kue deh. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *